Rabu, 22 Oktober 2008

PRINSIP K3 DALAM TIK

Pengguna komputer kadang-kadang berjam-jam bahkan berhari-hari. Hal ini disebabkan karena tuntutan kerja atau hobinya dalam bidang komputer. Untuk itu diperlukan posisi yang benar yang meliputi posisi duduk, posisi mata, posisi tangan di keyboard.
Posisi duduk yang benar/yang ideal adalah bersandar,dan kursiyang bisa berputar dan bisa diatur tinggi rendahnya.
posisi mata terhadap layar yaitu mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah,sebaiknya layar yang digunakan adalah layar yang low radiasi.
Posisi tangan pada keyboard yaitu tangan paling banyak melakukan aktivitas dibandingkan dengan pancaindera yang lain,buatlah posisi tangan pada keyboard senyaman mungkin sehingga tangan tidak cepat lelah,pilihlah tuts keyboard yang lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin.
* Memperagakan Posisi Duduk Yang Baik& Benar*posisi duduk yang benar adalah menghadap komputer lurus,tidak menyamping atau membentuk sudut pada layar komputer,posisi punggung lurus, ada sandaran tempat duduk.
* Mendemonstrasikan Cara Menggunakan Komputer Dengan Memperhatikan K3*
Pertama komputer harus diletakkan ditempat yang aman dari jangkauan anak, dari api,dari percikan air. Selanjutnya adalah langkah penggunaan komputer,yaitu dengan memasang stop kontak untuk power supply,kemudian hidupkan power.
kabel di komputer cukup banyak,maka harus dihindari kesemrawutan ,sesudah stop kontak dipasang maka dilanjutkan dengan menekan tombol ON/OFF. Proses booting dingin ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan tidak dilakukan berulang-ulang, setelah itu cek semua peralatan komputer, jika semua sudah siap maka komputer akan menampilkan dekstop.
mematiakn komputer dengan prosedur yang tidak benar dapat mengakibatkan software pada komputer menjadi rusak sehingga pada pemakaiannya menjadi terganggu dan harus diinstal ulang.

Tidak ada komentar: